Sunday, November 20, 2016

Resep Sirup Lemon Ala Korea. Seger dan Bikin Langsing!

Resep Sirup Lemon Ala Korea. Seger dan Bikin Langsing!

Link Ads
Link Ads

Baca Juga

Saat ini sejumlah masyarakat Indonesia terjangkit virus Korea. Awalnya akibat pengaruh musik dan sinetron, namun berkembang luas sampai ke bidang kuliner. Masakan ala ‘negeri ginseng’ tengah diminati karena sensasi rasa unik, begitu pula minuman untuk melepas dahaga. Banyak jenis minuman sanggup bikin leher kering dan ngiler abis, salah satunya sirup lemon.


Sirup lemon ala Korea tentu berbeda dari jenis minuman lain, tetapi sekilas mirip minuman yang kerap dibuat para orang tua jaman dahulu sebelum kehadiran produk instan seperti sirup dan bubuk. Rasanya manis asem bikin ketagihan, apalagi memberi efek menyegarkan tenggorokan dan mood.

Membuat Resep Sirup Lemon Ala Korea tergolong sangat mudah, begitu pula dalam pengumpulan bahan utama. Kini buah lemon semakin gampang dijumpai pada sejumlah pasar tradisional dan supermarket, harga per kilo juga tidak terlalu memberatkan kantong.

Keunikan resep sirup lemon ala Korea yaitu proses penyimpanan yang memakan waktu 2-3 hari. Meskipun tergolong lama, dijamin rasanya semakin ‘nendang’ di lidah. Oleh karena itu, proses pembuatan sirup memerlukan toples (jar) tertutup untuk menyimpan selama beberapa hari. Pada jaman dahulu, nenek moyang orang Korea menaruh toples di area sejuk terbuka untuk memperoleh cita rasa unik menyegarkan dan biasanya diminum saat pagi hari. Tertarik membuatnya? Siapkan bahan-bahan utama dan ikuti saja langkah singkat berikut ini.

Bahan-bahan:
  • 500 gram buah lemon
  • 500 gram gula pasir
  • baking soda
  • garam
Cara Membuat:
  1. Cuci buah lemon dengan air, gosok permukaan kulitnya dengan baking soda lalu dengan garam. Cuci dan bilas hingga bersih.
  2. Setelah dikeringkan, iris buah lemon tipis-tipis dan buang bijinya. Campurkan irisan lemon dengan gula, aduk rata.
  3. Masukkan irisan lemon dalam jar atau wadah tertutup, tuang sisa sirupnya ke dalam jar tersebut.
  4. Simpan dalam ruangan gelap dan dingin, diamkan selama 3 hari dengan sesekali dibalik agar gula tercampur rata. Kemudian simpan dalam kulkas.
Mudah sekali menjajal Resep Sirup Lemon Ala Korea kan? Bila melihat prosedur pembuatan, seperti tak jauh berbeda dengan infused water, bahkan sangat mirip. Jika bermasalah dengan gula, maka kurangi saja jumlah takaran atau diganti madu lebih baik. Bagaimana kalau menggunakan gula rendah kalori? Boleh saja. Sebenarnya bisa juga tidak memakai gula, namun sensasi rasa berkurang nikmat.

Minuman ini tak hanya menyegarkan tenggorokan, namun bermanfaat bagi fisik dan mental. Selain bikin langsing, kandungan vitamin C juga bakal menyehatkan tubuh. Minuman ini juga berfungsi sebagai mood booster yang bikin semangat. Sirup lemon ala Korea jauh lebih enak dan alami karena tak memakai pengawet dan pemanis buatan, cocok menghiasi lemari es ketimbang produk sirup pabrikan. Jika ingin membuat dalam jumlah besar, siapkan lebih banyak lemon sesuai keinginan. Selamat mencoba yaa! Silakan SHARE & LIKE ya Bunda..semoga bermanfaat

[rahasia]
Link Ads (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Resep Sirup Lemon Ala Korea. Seger dan Bikin Langsing!
4/ 5
Oleh