Tuesday, December 20, 2016

Apakah Anda Sering Merasa Gatal di Siku,Punggung dan Kulit Kepala ? Hati-hati Dengan Penyakit Kronis Ini!!

Apakah Anda Sering Merasa Gatal di Siku,Punggung dan Kulit Kepala ? Hati-hati Dengan Penyakit Kronis Ini!!

Link Ads
Link Ads

Baca Juga

Apakah kulit Anda terlihat ruam, memerah, terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik? Bila jawabnya iya, kemungkinan besar Anda terkena psoriasis.


Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang menyerang kulit. Jumlah pengidapnya di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Tetapi telah didirikan Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia sejak tahun 2006 untuk membantu para pengidap psoriasis.

Tingkat keparahan gejala psoriasis berbeda-beda di antara para penderitanya. Selain itu, intensitas gejalanya dapat berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala yang ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Tetapi kemudian gejala bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidap.


Gejala psoriasis yang utama adalah ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, dan terasa kering serta bersisik. Gejala ini terkadang terasa gatal atau perih dan dapat muncul di semua bagian tubuh, tapi umumnya di lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala.

Pengaruh Sistem Kekebalan Tubuh

Penyebab psoriasis secara pasti belum diketahui. Tetapi penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat.

Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Tetapi pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan kulit.

Faktor keturunan juga dianggap dapat berperan dalam munculnya psoriasis. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang diduga dapat memicu penyakit ini. Di antaranya, infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

Meski demikian Anda tidak usah panik. Pengobatan psoriasis kini sudah merentang, mulai dari pengobatan medis modern hingga tradisional seperti menggunakan kulit pisang.

Cara mengolah pisang menjadi obat

Kulit pisang kaya akan anti-oksidan dan mineral yang dapat melindungi kulit dari kerusakan eksternal. Ia juga kaya akan asam lemak diesterifikasi yang dapat menyembuhkan psoriasis dan eksim.

Kulit pisang dapat digunakan dalam tiga langkah terbaik untuk mengobati psoriasis. Berikut ulasan selengkapnya seperti dilansir dari womendailymagazine

Pisang dan ter-arang

Ambil beberapa kulit pisang dan potong kecil-kecil. Masukkan potongan ke dalam blender. Giling hingga menjadi pasta. Tambahkan ter-arang kemudian campur dengan pasta pisang. Oleskan pasta pada daerah yang terkena dan biarkan selama 30 menit.

Gosok kulit pisang

Ambil kulit pisang dan gunakan bagian belakangnya lalu gosok pada daerah yang terkena psoriasis. Terus gosok sampai kulit pisang berubah warna menjadi coklat. Tinggalkan selama malam. Saat pagi hari bilas menggunakan air hangat.

Dimakan

Anda hanya perlu memakan kulit pisang. Anda bisa makan seluruh pisang atau hanya kulitnya saja.

Itu dia tiga cara menjadikan pisang sebagai obat psoriasis yang mungkin Anda atau teman sanak sodara yang menderita penyakit ini.

Selamat mencoba semoga dapat membantu. Jangan lupa di share ya!!
Link Ads (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Apakah Anda Sering Merasa Gatal di Siku,Punggung dan Kulit Kepala ? Hati-hati Dengan Penyakit Kronis Ini!!
4/ 5
Oleh