Friday, December 9, 2016

Resep Brownies Kukus Ala Ny. Liem Topping Ganache Ekonomis. Nyoklat Banget

Resep Brownies Kukus Ala Ny. Liem Topping Ganache Ekonomis. Nyoklat Banget

Link Ads
Link Ads

Baca Juga

Kenapa aku memberikan judul postinagn kali ini nostalgia kue brownies kukus? karena dulu aku hampir setiap hari membuat browkus alias kue brownies kukus. ketika aku masih aktif menerima pesanan via Dapur Nays, dan alhamdulillah browkus ini menjadi salah satu varian yang paling best seller. Teksturnya yang sangat lembut dan rasa coklatnya yang kuat membuat kue brownies kukus ini banyak penggemarnya, selain itu customer juga bisa memilih topping dengan aneka varian.



Brownies Kukus Ny. Liem ini selain menjadi favorit customer, semua anggota keluargaku di rumah juga sangat menyukainya. Sampai aku heran karena gak ada bosen-bosennya memakan browkus, perasaan waktu itu aku seriing banget bikin. Setelah Dapur Nays off, aku jarang banget membuat browkus.

Dan sekarang aku kangen sudah lama tidak bikin browkus, akhirnya ketika ada waktu luang aku sempatkan untuk membuat browkus, dengan resep brownies andalan yang aku pakai saat jualan dulu, yaitu Resep Brownies Kukus Ny. Liem. Sepertinya resep browkus ny.liem ini memang sangat cocok jadi resep andalan buat jualan. Simak yuk resepnya di bwah ini:

Brownies Kukus Ala Ny. Liem Topping Ganache Ekonomis

Bahan – Bahan

  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 225 gram
  • Emulsifier 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu 125 gram
  • Coklat bubuk 50 gram
  • Minyak sayur 175 gram
  • DCC/Cokelat batangan kualitas bagus cincang dan lelehkan 100 gram
  • SKM/Susu kental manis cokelat optional 75 gram
Cara Membuat Brownies Kukus Ny. Liem

Panaskan dandang untuk kukusan dan persiapkan 2 buah loyang ukuran 30×10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang 20×20 cm, lalu olesi dengan minyak/margarin, kemudian alasi dengan kertas roti dan olesi lagi, sisihkan.

Campurkan 125 gram tepung terigu dengan 50 gram coklat bubuk, lalu ayak dan sisihkan.

Kocok 6 butir telur, dengan 225 gram gula pasir dan 1/2 sendok teh emulsifier sampai mengembang dan kental, lalu masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk tadi, aduk sampai rata atau dikocok pakai mixer kecepatan rendah.

Campurkan 175 gram minyak sayur dengan DCC yang sudaj di lelehkan lalu masukkan ke dalam adonan dan aduk balik pakai spatula sampai tercampur rata.

Ambil adonan sedikit, kira-kira 75 gram, lalu campurkan dengan 75 gram SKM dan aduk rata.

Tuangkan separuh adonan ke dalam loyang, lalu kukus selama 10-15 menit, kemudian buka kukusan dan tuangkan adonan yang sudah di campur SKM dan kukus kembali selama 5 menit, terakhir tuangkan sisa adonan dan kukus lagi sampai matang. Sebelum di angkat lakukan test tusuk dulu bund ya.

Setelah kue matang segera angkat dan balikkan dari loyangnya, biarkan dingin, baru di beri topping sesuai selera.

Notes :

1. Apabila bunda pakai kukusan biasa, jangan lupa untuk membungkus tutup kukusan dengan serbet bersih supaya uap airnya tidak jatuh ke browkus, dan apabila bunda pakai klakat yang tutupnya berbentuk limas, tidak perlu di bungkus serbet tidak apa-apa.

2. Ketika mengukus browkus, gunakan api sedang, kalo aku pakai api sedang cenderung kecil karena apabila menggunakan api yang besar, nanti permukaan browkus akan bergelombang. Memang kalau pakai api sedang cenderung kecil, proses matangnya akan lebih lama, tetapi permukaan browkusnya bisa rata

3. SKM bisa bunda skip karena itu fungsinya hanya untuk membuat lapisan tipis coklat di tengah saja, dan lapisan ini bisa bunda ganti dengan keju slice, itu uenaaaak banget deh.

Kali ini aku pakai topping ganache ekonomis. Kenapa di sebut ekonomis karena ganache ini tidak memakai whipcream sama sekali hehehe…. bisa-bisa diprotes sama chef Prancis nih yaa, karena pakemnya ganache memang harus pakai whipcream , tapi walaupun versi ekonomis, rasanya enak juga kok bund, lumayan laah. Bahannya cukup simple hanya susu cair, DCC dan madu atau unsalted butter, aku biasanya pakai perbandingan susu cair dengan DCC 1:2.

Chocolate Glaze/Ganache Ekonomis

Bahan – Bahan

  • Susu cair 100 ml
  • DCC cincang 200 gram
  • Madu / unsalted butter 2 sendok makan

Cara Membuat Chocolate Glaze/Ganache Ekonomis

Panaskan 100 ml susu, tidak usah sampai mendidih, cukup sampai timbul gelembung-gelembung di tepi panci saja dan matikan api.

Masukkan 200 gram DCC yang sudah dicincang, lalu aduk sampai DCC leleh dan teksturnya lembut, kemudian masukkan 2 sendok makan madu atau unsated butter. Aduk rata.

Ganache Ekonomis siap bunda gunakan.

Alhamdulillah browkus ini masih tetap di sukai keluargaku. Pokoknya Sukaaa banget deh karena rasanya enak, lembut dan nyoklat banget. yuk untuk bunda yang sudah lama tidak bikin browkus, kita bernostalgia ria bikin lagi untuk keluarga tercinta hehehe

Selamat mencoba!

Resep & Foto by : Catatan-Nina
Link Ads (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Resep Brownies Kukus Ala Ny. Liem Topping Ganache Ekonomis. Nyoklat Banget
4/ 5
Oleh